NAMA : AFRA GHAIDA YUSFIKA F.P.
KELAS : VIII A
SEKOLAH : SMP 1 BAE KUDUS
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Latar belakang diadakannya pembelajaran
di luar kelas ini adalah agar siswa dapat mengetahui dan memiliki kebanggaan
atas benda-benda yang dapat memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan yang
berguna bagi para siswa. Selain itu, agar siswa dapat mengenal bebagai
tempat-tempat karya wisata yang di dalamnya terdapat berbagai macam ragam
budaya yang dimiliki Indonesia, terutama yang ada di Kota Bandung.
Kelas 8 adalah salah satu kelas yang
dipilih karena kelas 8 telah wajib mengikuti kegiatan karya wisata yang
sebelumnya pernah diadakan oleh kakak kelas 9. Dan hasil dari kegiatan karya
wisata tersebut, siswa harus membuat laporan perjalanan.
Di Kota Jakarta-Bandung terdapat
berbagai objek wisata yang terkenal dan indah, yang sangat menarik untuk
dikunjungi.Jakarta merupakan ibukota Indonesia, serta bandung merupakan ibukota
Jawa Barat dan keduanya termasuk salah satu kota metropolitan di Indonesia.
Tempat wisata di Jakarta-Bandung turut berkembang sebagai salah satu tujuan
wisata favorit di Indonesia. Kota Bandung terletak di wilayah dataran tiggi.
Hal inilah yang menjadikan Kota Bandung berhawa sejuk dan sangat tepat
dijadikan tujuan berlibur. Tempat wisata di Jakarta antaranya : Kebun Binatang
Ragunan, Monumen Nasional, Museum Gajah, Taman Mini Indonesia Indah,Taman
Impian Jaya Ancol, Museum Fatahillah dikenal pula sebagai Museum Sejarah
Jakarta, Museum Wayang, Museum Adam Milik, Museum Tekstil, Museum Satria
Mandala, Museum Bahari, Museum Seni Rupa dan Kramik dll. Sedangkan tempat
wisata di Bandung yang memiliki pemandangan yang indah antara lain : Gunung
Tangkuban Perahu, Kawah Putih, dan
wilayah sepanjang dataran tinggi Dago.
Pada malam hari daerah sekitar Dago
merupakan tempat wisata di Bandung yang romantis. Menghabiskan akhir pekan
dengan berlibur ke tempat wisata di Bandung akan menjadikan pengalaman yang
menyenangkan. Selain panorama pegunungan yang indah, tempat wisata di Bandung
juga memiliki nilai sejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia mengisi
kemerdekaan. Di kota Bandung adalah lokasi terjadinya sejumlah peristiwa
penting bagi bangsa kita. Misalnya, Peristiwa Bandung Lautan Api, Konferensi
Asia Afrika, Konferensi Islam Asia Afrika, dan lain-lain.
B.
Tujuan
Kegiatan
1. Penulis
ingin memperkenalkan profile objek-objek wisata yang ada di Jakarta dan Bandung
kepada pembaca.
2. Sebagai
wawasan tambahan informasi serta menperbanyak pengetahuan.
3. Sebagai latihan
untuk memperlancar sastra dan bahasa.
4. Sebagai
perbandingan antara teori di kelas dan kenyataan di Lapangan.
5. Menanamkan
rasa Cinta Tanah Air.
6. Mengenal
kebudayaan Nusantara.
7. Menghilangkan
rasa jenuh.
8. Untuk
berlatih menyusun Karya Tulis secara sistematis.
C.
Ruang
Lingkup
Di kota Jakarta sebenarnya banyak sekali
wahana wisata maupun untuk sarana edukasi dan objek-objek wisata yang sangat
indah diantaranya : Ancol, Dufan, Gelanggang Samudra, Pasar Seni, Pelabuhan
Marina, Pulau Bidadari, Atlantis, Oceon Eopark, Oulau Tidung, Gedung Arsip
Nasional, Museum Lengkong, Kebun Binatang Ragunan, Jembatan Kota Intan, Museum
Fatahillah, Gedung Kesenian Jakarta, Monumen Nasional, dan lain-lain. Di Kota
Bandung juga banyak sekali wahana wisata maupun untuk sarana edukasi dan
objek-objek wisata yang indah diantaranya : Taman Makam Pahlawan Cikutra,
Museum Geologi Bandung, Gedung Sate Bandung, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa
Barat, Kebun Binatang Bandung, Cibaduyut, Trans Studio Bandung, Taman Cansia
Bandung, Museum Pos Indonesia, Taman Tegalega, Monumen Hussein Sastaranegara,
Museum Konferensi asia Afrika, dan lain-lain.
Namun dalam study tour ke Jakarta
Bandung kami hanya mengunjungi 6 tempat saja, diantaranya : PPIPTEK, Gelanggang
Samudra, Dufan, Museum Geologi, Ciater, dan Cibaduyut.
BAB
II
PELAKSANAAN
A.
Panitia
Penanggung Jawab : Jarno, S.Pd, M.Pd.
Ketua : 1. Sumardi, S.Pd.
2. Linda Kusumawati, S.Pd.
Sekretaris : Eni
Ratnawati, S.Pd.
Bendahara :
1. Dra. Noor Hidayah.
2. Siti Aniroh, S.Pd.
Sei
P3K :
1. Chimayah, S.Pd.
2. Siti
Aminah, S.Pd.
Sei Dokumentasi :
1. Ainur Rofik, S.Kom
2. Muti Hastuti, S.Pd.
Sei Konsumsi : 1. Vipi indriyanti B, S.Pd.
2. Dra. Sudarti
Sei Perlengkapan :
1. Sutrisno, S.Pd.
2. Sutiyono, S.Pd.
Pendamping : 1. Erna herawati, S.Pd.
2. Kustini, S.Pd.
3. Fitrotunufus, S.Pd.
4. Laili Faizur R, S.Pd.
5. Sri Wastutiningsih, S.Pd.
6. Nur Saptoningsih, S.Pd.
7. Endang Sri K, S.Pd.
8. Sri Mulyani
B.
Peserta
dan Pendamping
a. Peserta
: Siswa kelas VIII SMPN 1 Bae Kudus yang berjumlah siswa.
b. Pendamping
: berjumlah 8 orang yang terbagi dalam 5 bus, yaitu :
Bus 1 : 1. Erna Herawati, S.Pd. 2. Sudarti, S.pd.
Bus 2 : 1. Kustini, S.Pd. 2. Ainur Rofiq,
S.Pd.
Bus 3 : 1. Fitrotunufus, S.Pd. 2. Siti Aminah, S.Pd.
Bus 4 : 1. Sutrisno, S.Pd. 2. Eni Ratnawati, S.Pd.
Bus 5 : 1. Sri Mulyani 2. Sutiyono, S.Pd.
C.
Waktu
Kegiatan
Kegiatan Study Tour (Karya Wisata) dilaksanakan pada
tanggal 7-10 April 2015.
a. Jadwal Kegiatan
Selasa, 7 April 2015.
Pukul
13.00 WIB : Persiapan untuk berangkat Study Tour.
Pukul
13.45 WIB : Berkumpul di SMPN 1Bae Kudus.
Pukul
14.00 WIB : Berangkat menuju Jakarta.
Pukul
16.00 WIB : Istirahat sejenak Sholat Asyhar di lokal Masjid Kendal.
Pukul
17.45 WIB : Makan malam, Sholat Magrib
& Isya’ di RM. Sampurna Tegal.
Pukul 19.30 WIB : Melanjutkan
perjalanan menuju ke Cikampek Km.34.
Rabu, 8 April 2015.
Pukul
00.51 WIB : Tiba di Cikampek Km.34 dan lanjut menuju Jakarta (PHI Pondok
Gedhe).
Pukul
02.00 WIB : Chek In, Sholat Subuh, mandi dan makan pagi di PHI Pondok Gedhe).
Pukul
07.30 WIB : Melanjutkan perjalanan ke TMII.
Pukul
08.30 WIB : Tiba di TMII dan masuk di PPIPTEK.
Pukul
09.30 WIB : Lanjut menuju Ancol.
Pukul
11.00 WIB : Tiba di Ancol dan masuk ke Gelanggang Samudera.
Pukul
12.00 WIB : Makan siang, Sholat Dzuhur dan Asyhar di RM. Laut Biru.
Pukul
13.00 WIB : Lanjut menuju Dufan.
Pukul
14.00 WIB : Tiba di Dufan dan bermain wahana di Dufan.
Pukul
17.00 WIB : Menuju PHI Pondok Gedhe.
Pukul
18.00 WIB : Tiba di PHI, mandi, makan malam, sholat Magrib & isya’.
Pukul
21.00 WIB : Istirahat.
Kamis, 9 April 2015.
Pukul
04.30 WIB : Mandi, Sholat Subuh, persiapan, chek out dan makan pagi.
Pukul
06.30 WIB : Melanjutkan perjalanan ke Ciater Subang.
Pukul
10.30 WIB : Tiba di Wisata air panas (Ciater).
Pukul
12.00 WIB : Istirahat sejenak, Makan siang, Sholat Dzuhur dan Asyhar di RM.
Kurnia Jatim.
Pukul
13.00 WIB : Lanjut menuju Museum Geologi Bandung.
Pukul
15.00 WIB : Wisata Pendidikan Museum Geologi Bandung.
Pukul
16.00 WIB : Menuju ke Cibaduyut.
Pukul
17.00 WIB : Wisata sofener di Cibaduyut.
Pukul
18.00 WIB : Lanjut menuju RM. Simpang Raya Cipacing.
Pukul
19.00 WIB : Makan malam, Sholat Magrib & Isya’ di RM. Simpang Raya.
Pukul
20.00 WIB : Lanjut menuju ke Pusat oleh-oleh Khas Jawa Barat.
Pukul
21.00 WIB : Tiba di Pusat oleh-oleh Khas Jawa Barat.
Pukul
21.30 WIB : Lanjut menuju Kudus tercinta.
Jum’at,
10 April 2015.
Pukul
05.00 WIB : Istirahat sejenak, Sholat Subuh di lokal Masjid Demak.
Pukul
05.30 WIB : Melanjutkan perjalanan pulang ke Kota Kudus.
Pukul
06.00 WIB : Tiba di SMPN 1 Bae Kudus dan pulang ke rumah masing-masing.
b. Istirahat
ü Istirahat
1 : Di lokal Masjid, Kendal.
ü Istirahat
2 : Di RM. Sampurna Tegal.
ü Istirahat
3 : Di Rest Area Cikampek Km.34,
Jakarta.
ü Istirahat
4 : Di PHI Pondok Gedhe.
ü Istirahat
5 : Di RM. Laut Biru, Jakarta.
ü Istirahat
6 : Di
PHI Pondok Gedhe.
ü Istirahat
7 : Di RM. Kurnia Jatim, Kendal.
ü Istirahat
8 : Di RM. Simpang Raya, Cipacing.
D.
Biaya
Biaya program pembelajaran di luar kelas ini sebesar
Rp. 800.000 yang di bebankan orang tua peserta didik kelas VIII yang mengikuti
kegiata Karya Wisata. Itu semua sudah
termasuk biaya masuk wahana, bus, dan makan.
E.
Objek
Wisata
1. Pusat
Peragaan IPTEK (PPIPTEK)
2. Gelanggang
Samudera
3. Dufan
4. Ciater
5. Museum
Geologi
6. Cibaduyut
F.
Perjalanan
dan Hasil Kegiatan
1.
Pusat
Peragaan IPTEK (PPIPTEK)
Pukul
07.30 kami meninggalkan PHI Pondok Gede dan melanjutkan ke Pusat Peragaan IPTEK.
Sampai di Pusat Peragaan IPTEK pukul 08.30 WIB. Disana banyak alat-alat peraga
seperti penyelam, Pengukur ketinggian muka air, simuka tegang, simulator batuk, system pernafasan manusia dll.
a. Galeri
Indoor Pusat Peragaan Iptek
1.
Wahana
Listrik dan Magnet
Wahana Listrik dan Magnet adalah wahana
yang berisi alat peraga hands-on interaktif mengenai prinsip-prinsip dasar
listrik dan magnet dan hubungan antara keduanya. Wahana ini terbagi dalam tiga
klaster yaitu Klaster Listrik, Klaster Transistor dan Klaster Magnet. Klaster
Listrik menyajikan alat peraga bertema pengetahuan dasar tentang kelistrikna
hingga aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Klaster Transistor menyajikan
alat peraga mengeani pengenalan transistor melalui replica teknologinya. Di
Klaster Magnet pengunjung dapat mempelajari sifat-sifat kemagnetan suatu benda.
Dengan alat peraga yang dikemas secara interaktif, diharapkan anak
didik/pengunjung dapat belajar secara mudah dan menyenangkan.
2. Wahana Getaran dan Gelombang
Wahana Getaran dan Gelombang adalah
wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif mengenai prinsip-prinsip
dasar getaran dan gelombang maupun teknologi dan peristiwa alam yang berkaitan
dengan getran dan gelombang. Wahan ini yang terbagi dalam tiga klaster yaitu
Klaster Bunyi, Klaster Getaran dan Klaster Tsunami. Klaster Bunyi menyajikan
alat peraga yang berhubungan dengan bunyi seperti Tabung Gosip, Efek Doppler,
Kotak Suara dan sebagainya, melalui Klaster ini diharapkan anak
didik/pengunjung data mempelajari dan mendalami karakteristik bunyi yang
disajikan melalui alat peraga menarik dan interaktif. Klaster Getaran
menyajikan pengetahuan tentang getaran, ombak, dan tsunami, mempelajari proses
terjadina ombak dan tsunami hingga aplikasi yang terkait. Di klaster ini
terdapat alat peraga simulasi gempa di mana pengunjung dapat merasakan sendiri
efek gempa dengan variasi kekuatan berdasarkan skala MMI. Melalui Wahana
Gelombang diharapkan pengunjung selain mengetahui dan mendalami konsep dasar
gelombang juga dapat mengetahui aplikasi keilmuan gelombang dalam kehidupan
sehari-hari.
3.
Wahana
Mekanika
Wahana Mekanika
adalah wahana yang berisi alat peraga Hands-on interaktif mengenai
prinsip-prinsip dasar mekanika, serta teknologi yang menggunakan prinsip ini.
Wahana ini terbagi dalam tiga klaster yaitu Klaster Gaya, Klaster Gerak dan
Klaster Pesawat Sederhana. Klaster Gaya menyajikan alat peraga mengenai konsep
dasar gaya hingga apikasi teknologinya. Jembatan Lengkung merupakan alat peraga
pada Klaster Gaya yang memiliki konsep pembagian tekanan sehingga jembatan
tersebut tetap kokoh walaupun pengunjung berjalan di atasnya. Sosrobahu
merupakan aplikasi dari konsep gaya yang digunakan untuk membuat konstruksi
jembatan laying. Klaster Gerak menyajikan alat peraga mengenai konsep dasar
gerak baik gerak lurus maupun gerak melingkar. Pengunjung dapat melihat dan
mempelajari fenomena yang terjadi jika benda bergerak. Klaster Pesawat
Sederhana menyajikan alat peraga mengenai aplikasi pesawat sederhana seperti
pengungkit, katrol, penderek dan sebagainya. Melalui Wahana Mekanika ini
diharapkan pengunjung dapat melengkapi pengetahuan tentang mekanika melalu
fenomena yang diamati dari alat peraga serta keuntungan menggunakan pesawat
sederhana.
4.
Wahana
Robot
Wahana
Robot adalah wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif mengenai
prinsip-prinsip dasar dan teknologi yang terkait dunia robotika. Di galeri ini
terdapat robot serupa manusia atau dikenal dengan humanoid dan robot serupa
hewan atau dikenal dengan nama Animaloid. Dalam wahana ini disajikan
demonstrasi robot yang dijadwalkan setiap harinya. Melalui wahana ini
diharapkan pengunjung mendapat pengetahuan dan pemahaman mengenai teknologi
terkait robot sehingga dapat tergugah dan tertarik mendalami teknologi robot.
5.
Wahana Lingkungan
Wahana
lingkungan adalah wahana berisis alat peraga hands-on interaktif mengenai
biologi dan lingkungannya. Wahana ini menyajikan alat peraga mengenai makhluk
hidup, diantaranya mengenal tubuh manusia, mekanisme pernafasan, bahasa hewan
juga permainan computer mendidik dan menarik. Melalui alat peraga di wahana
lingkungan diharapkan pengunjung dapat lebih mengenal, mempelajari dan memahami
makhluk hidup serta lingkungannya dan bagaimana kita dapat hidup berdampingan
dengan alam.
6.
Wahana Optik
Wahana Optik
adalah wahana yang berisi alat peraga interaktif prinsip-prinsip dasar mengenai
optic mulai dari sains cahaya, warna hingga peralatan optiknya. Melalui wahana
ini pengunjung diharapkan dapat memahami konsep bagaimanakah cahaya dapat
merambat, bagaimana warna cahaya dapat dibentuk dan dipisahkan dan sebagainya.
7.
Wahana Transportasi Udara
Wahana
transportasi udara adalah wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif
mengenai iptek dibalik alat transportasiudara,mulai dari prinsip dasar
bagaimana alat transportasi udara bekerja hingga aplikasinya. Alat peraga yang
disajikan seperti Roda Giroskop yang menjelaskan fenomena gaya giroskopi yang
bekerja pada pesawat, cutting-enggine/potongan melintang mesin pesawat hingga
alat peraga model pesawat, juga terdapat simulasi pesawat aeromodelling dimana
pengunjung dapat mencoba mengendalikan model pesawat secara virtual dengan
kemampuannya sendiri.
8.
Wahana Fluida
Wahana fluida adalah wahana yang berisi
alat peraga hands-on interaktif tentang prinsip-prinsip dasar mengenai fluida
(zat alir). Wahana ini terbagi dalam dua klaster yaitu klaster fluida dinamis
dan klaster fluida statis. Klaster Fluida Dinamis menyajikan alat peraga
mengenai fluida yang bergerak seperti alat peraga meja Bernoulli, gaya hambat
dan bola bergantung. Klaster fluida statis menyajikan alat peraga mengenai
fluida yang diam seperti penyelam, Pengukur ketinggian muka air, simuka tegang.
Melalui wahana fluida diharapkan pengunjung dapat melihat langsung fenomena
yang terjadi, sekaligus mempelajari dan memperdalam materi mengenai fluida.
9.
Wahana
Transportasi Darat
Wahana
transportasi darat adalah wahana yang berisi alat peraga interaktif mengenai
iptek dibalik alat transportasi darat. Alat peraga yang disajikan meliputi
kaidah sains dan teknologi pada alat transportasi darat roda dua dan roda
empat. Di wahana ini terdapat alat peraga Riding Simulator yang merupakan alat
peraga untuk simulasi berkendara sepeda motor di jalan raya dengan aman dan
benar. Terdapat pula alat peraga berupa cutting engine dari kendaraan roda dua
dan roda empat dimana dapat dilihat bagian-bagian mesin dan melihat
bagaimanakah mesin-mesin ini bekerja. Melalui wahana ini diharapkan pegunjung
dapat terinspirasi untuknya.
10.
Wahana Matematika
Wahana
matematika adalah wahana alat peraga hands-on interaktif mengenai
prinsip-prinsip dasar matematika sebagai ratu ilmu pengetahuan.Wahana ini
terbagi menjadi klaster geometri, angka, dan konsep hitung contoh-contoh alat
peraga seperti Phytagoras, Peluang, Penjumlahan Spool, Jam pasir dan sebagainya
akan ditemui pada wahana ini. Pada wahana matematika ini juga terdapat alat
peraga sepeda polygon dimana pengunjung dapat mengendarai sepeda yang beroda
berbentuk polygon dan lintasan bergelombang namun dapat melaju dengan lancer.
Melaluialat peraga Matematika ini diharapkanpengunjung dapat mengenal dan
mempelajari bentuk geometri, angka dan konsep hitung juga dapat mengasah
ketrampilan berhitung dan tehnik penyelesaian masalah.
11.
Wahana Telekomunikasi
Wahana
komunikasi memiliki alat peraga interaktif yang terbagi yang bertema teknologi
mengenai komunikasi, mulai dari prinsip dasar telepon hingga aplikasinya.
Melalui wahana teknologi komunikasi diharapkan pengunjung dapat memahami, mempelajari dan
mendalami fenomena sehari-hari sehingga dapat menerapkannya dalam mempermudah
pekerjaan.
12.
Wahana Antariksa
Wahana antariksa
memiliki alat peraga interaktif bertemakan antariksa seperti pengetahuan
mengenai teknologi satelit, replica satelit senzhou, system penginderaan jarak
jaug hingga aplikasi permainan komputer mendidik dan menarik mengenai planet
mars. Terdapat pula simulasi satelit penginderaan yang disajikan lengkap dengan
bola bumi, kamera dan stasiun penerima ( perangkat komputer) dengan menggunakan
teknologi nirkabel. Dengan alat peraga yang dikemas secara menarik dan
interaktif juga edukatif diharapkan pengunjung dapat memahami dan mempelajari
lebih mendalam ilmu dasar dan teknologi seputar anatariksa.
13.
Wahana Flu Burung
Wahana flu
burung adalah wahana sarana edukasi kepada masyarakat yang bertujuan menggugah
kesadaran masyarakat mengenai penyakit menular yang disebabkan oleh virus mematikan
avian influenza H5N1 dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Wahana flu burung
ini berisi alat peraga yang berkaitan dengan kesiapsiagaan menghadapi flu
burung, memuat pengetahuan mengenai apa itu flu burung, pengenalan morvologi
virus H5N1, bagaimana cara melakukan tindakan pencegahan penularannya dan
bagaimana cara memelihara unggas secara bertanggung jawab. Peragaan pada wahani
ini berbenuk interaktif hands-on, Audio Visual, Model dan Game Komputer.
14.
Wahana Pandemi Influenza
Wahana siaga
pandemic influenza adalah merupakan wahana yang menampilkan peragaan hands-on
dan program interaktif mengenai penyakit influenza, mulai dari penyebab
influenza, penyebaran virus juga kesiapsiagaan menghadapi pendemi influenza.
Klaster ini bertemakan : “kesiapsiagaan dalam menghadapi pendemi influenza,
berisi Sembilan alat peraga antara lain simulator bersin, simulator batuk,
penyakit influenza, organism tak tampak, system pernafasan manusia, habitat
virus, fakta atau mitos, game interaktif pandemic influenza, puppet show dan
game lantai.
15.
Wahana Taman Jurasic
Wahana Taman
Jurrasic adalah wahana yang berisi alat peraga interaktif baik hands-on maupun
minds-on mengenai kehidupan jaman prasejarah. Alat peraga yang disajikan pada
wahana taman Jurassic ini meliputi berbagai tanaman yang hidup pada jaman
dinosaurus hidup, modelfosil-fosil dinosaurus dan lainnya. Terdapat pula alat
peraga interaktif model dinosaurus berukuran besar yang dilengkapi sistem gerak
mekanik elektronik sehingga dapat berinteraksi dengan pengunjung melalui suara
dan juga objek pengunjung. Melalui wahana ini diharapkan pengunjung dapat
mempelajari keilmuan mengenai fosil serta sains di balik kehidupan dinosaurus.
2.
Gelanggang Samudera
Pukul 09.30 kami meninggalkan Pusat Peragaan IPTEK
dan melanjutkan ke Gelanggang Samudera. Sampai di Gelanggang Samudera pukul
11.00 WIB. Disana ada seekor Lumba-Lumba dan Paus Putih yang sedang beraksi.
Gelanggang Samudra Ancol merupakan sebuah oseanarium atau oceanarium. Oseanarium merupakan taman mamalia
laut dan mahluk laut lainnya. Selain menikmati rekreasi bersama keluarga, di
sini akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang menarik mengenai mamalia laut
seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan binatang laut lainnya. Gelanggang
Samudra Ancol juga menjadi sarana konservasi satwa laut.
Ada 4 wahana
utama yang terdapat di Gelanggang Samudra, Ancol. Pertama, adalah wahana
pertunjukan Aneka Satwa, wahana
pertunjukan Singa Laut, wahana
pertunjukan Lumba-Lumba dan Paus Putih, serta wahana Sinema 4D atau 4D Theatre. Dalam 1 hari ada 3
kali pementasan untuk masing-masing wahana, atau di hari libur akan ditambahkan
jumlah pementasan untuk setiap wahana. Agar tidak terlewat, dapat melihat jam
pertunjukan yang ada di depan wahana. Setelah selesai menyaksikan satu
pertunjukan, petugas akan menganjurkan untuk menyaksikan perunjukan berikutnya.
Bila ingin menyaksikan semua pertunjukan, sebaiknya mengikuti petunjuk tersebut
agar tidak tertinggal sehingga harus
menunggu lebih lama. Tetapi kami hanya melihat seekor Lumba-Lumba dan Paus
Putih.
Pada saat itu, Lumba-lumba dan paus putih siap beraksi di pentas lumba-lumba. Wahana ini yang
sering menjadi favorit bagi pengunjung Gelanggang Samudra. Tiga orang pelatih
yang energik akan memandu aksi dari mamalia laut ini. Lumba-lumba yang pandai
meloncat di air dibuktikan dengan diperlihatkan seekor lumba-lumba yang mampu
menyentuh bola yang digantung tinggi. Seorang pelatih akan berdiri di punggung
2 ekor lumba-lumba dan mamalia ini akan mengajak pelatihnya berkeliling kolam.
Aksi lainnya adalah berenang bersama, dengan memegang siripnya, lumba-lumba
menarik pelatih mereka berekeliling kolam menyapa penonton. Lumba-lumba juga
pandai berhitung dengan menjawab soal dari penonton. Di bagian akhir,
lumba-lumba akan mengepakkan ekor mereka di atas air. Hasilnya, penonton bagian
depan akan terkena percikan airnya.
3. Dufan
Pukul
13.00 kami meninggalkan RM. Laut Biru dan melanjutkan ke Dufan. Sampai di Dufan
pukul 14.00 WIB. Disana banyak permainan yang sangat menyenangkan antara lain
Alap-Alap,
Tornado, Kicir Kicir, Hysteria, Halilintar,
Ombang Ambing, Ontang Anting, Pontang Pontang, Arung Jeram, Teater Simulator,
Istana Boneka dll.
Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan (juga disebut "Do Fun") adalah tempat
hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol
(Ancol taman impian), Jakarta
Utara, Indonesia.
Dunia Fantasi mempunyai maskot berupa kera bekantan
yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia Fantasi). Dunia Fantasi dibagi
dalam beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah
masing-masing. Pembagian kawasan ini ditujukan untuk membangkitkan imajinasi
pengunjung yang diharapkan merasakan sensasi berjalan-jalan pada daerah Jakarta
zaman dahulu, Eropa, Amerika,
Indonesia,
Asia,
Fantasi
Yunani,
Fantasi Hikayat,
Kalila, dan Istabon.
a)
Kawasan
Jakarta
Turangga
Rangga merupakan ciri khas taman permainan di Kawasan Jakarta. Permainan ini
berupa sebuah komidi putar.
b)
Kawasan
Indonesia
Permainan yang ada di kawasan ini
adalah Alap-Alap dan Tornado.
c)
Kawasan
Eropa
Permainan
yang ada di kawasan ini adalah Beng Beng dan Kicir Kicir, dan Hysteria.
d)
Kawasan Fantasi Yunani
Disinilah lokasi permainan yang paling mendebarkan
yang mengutamakan kecepatan, naik turun, menikung tajam, berputar di kumpulkan
menjadi satu. Permainan tersebut antara lain Halilintar, Ombang Ambing, Ontang
Anting, Pontang Pontang, Arung Jeram, dan Teater Simulator.
e) Kawasan
Istana
Di kawasan ini hanya ada Istana
boneka.
f) Kawasan
Asia
Permainan
yang ada di kawasan ini adalah Baku
Toki, Bianglala, Gajah Bledug, dan Kora Kora.
5.
Ciater
Pada
hari Kamis, 9 April 2015 Pukul 13.00 kami meninggalkan RM. Laut Biru dan
melanjutkan ke Ciater. Sampai di Ciater pukul 10.30 WIB. Disana banyak orang yang mandi, berjualan bahkan
ada juga kenangan dari Ciater yaitu berupa aksesoris dan makanan.
Ciater atau Sari Ater merupakan
salah satu tempat tujuan wisata andalan Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pemandian
air panas Ciater terletak tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Air panas
yang dihasilkan pun bersumber dari kawah aktif gunung yang menjadi legenda
tanah Pasundan itu.
Selain dapat mengobati penyakit
kulit, manfaat yang terkandung di dalam aliran air panas Ciater juga diyakini
berkhasiat untuk terapi penyembuhan rematik, gangguan syaraf dan tulang, serta
penyembuhan kelumpuhan yang diakibatkan oleh penyakit darah tinggi atau stroke. Hal ini disebabkan karena air
panas yang terdapat di Ciater mengandung belerang dengan komposisi yang ideal
untuk kesehatan. Tentu saja khasiat dari air panas Ciater ini akan dapat
dirasakan jika Anda melakukan terapi dengan berendam secara rutin dan teratur.
Untuk menunjang kebutuhan pengunjung akan hal tersebut, di Ciater juga
disediakan fasilitas tempat terapi pengobatan.
6.
Museum
Geologi
Pukul
13.00 kami meninggalkan RM. Kurnia Jatim dan melanjutkan ke Museum Geologi.
Sampai di Museum Geologi pukul 15.00 WIB. Disana kami melihat Hipotesis terjadinya bumi, Sistem tata surya, Tatanan
tektonik regional, Maket pergerakan lempeng-lempeng aktif kulit bumi, fosil
manusia purba, bebatuan hasil kegiatan gunung api dll.
Koleksi yang
dimiliki oleh Museum Geologi Bandung yaitu bebatuan, fosil, dan mineral. Di
tempat ini pengunjung juga dapat mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan
bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya dengan benar, cara mengolah energi,
dan lain-lain.
Museum Geologi
Bandung dari luar terlihat seperti gedung pada umumnya, namun di dalamnya
menyimpan banyak sekali benda menarik yang tidak dapat ditemukan di tempat wisata lain. Museum ini dibagi menjadi 2 lantai dengan
fungsi dan koleksi yang berbeda-beda pada setiap lantai dan ruangannya.
v Lantai 1 Museum Geologi Bandung terbagi menjadi 3
ruangan yang berbeda, yaitu ruangan tengah,
barat,
dan timur.
Isi
ruang tengah :
·
Animasi kegiatan
geologi dan kegiatan museum dalam layar lebar
·
Pelayanan
informasi museum
·
Pelayanan
pendidikan dan penelitian
Isi ruang barat
:
· Hipotesis terjadinya bumi
· Sistem tata surya
· Fosil manusia purba
· Sejarah evolusi manusia menurut teori evolusi Darwin
· Berbagai jenis bebatuan: batuan beku, sedimen, dan
malihan
· Pemetaan sumber daya mineral di Indonesia
· Pertunjukkan keadaan gunung berapi aktif di
Indonesia, misalnya: Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Krakatau, Gunung Merapi,
dan lain-lain.
Isi ruang timur :
·
Sejarah perkembangan dan pertumbuhan makhluk
hidup yang mendiami planet bumi dari masa primitif sampai dengan masa
modern
·
Fosil dinosaurus Tyrannosaurus Rex Osborn
·
Kumpulan tengkorak manusia purba yang pernah ditemukan
di Indonesia
·
Artefak yang digunakan manusia purba, mencerminkan
perkembangan kebudayaan dari waktu ke waktu
v Lantai 2
Museum Geologi Bandung terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu bagian tengah, barat, dan timur.
Isi ruang tengah :
·
Maket tambang emas paling besar di dunia yang
berlokasi di Irian Jaya
·
Miniatur pengeboran minyak bumi
·
Miniatur pengeboran gas bumi
Isi ruang barat :
Ruangan
untuk staf Museum Geologi Bandung
Isi ruang timur :
·
Informasi manfaat dan kegunaan batu mineral bagi
manusia
·
Gambar penyebaran sumber daya mineral di Indonesia
·
Rekaman kegiatan eksplorasi sumber daya mineral
·
Rekaman kegiatan eksploitasi sumber daya mineral
·
Informasi penggunaan mineral dalam aktifitas
sehari-hari secara tradisional dan modern
·
Cara mengolah mineral dan energi
·
Informasi berbagai jenis bahaya geologi misalnya tanah
longsor, letusan gunung api, dan lain-lain
·
Informasi aspek positif geologi yang berkaitan dengan
gunung api
·
Penjelasan cara memanfaatkan sumber daya air
·
Penjelasan pengaruh lingkungan terhadap kelestarian
sumber daya alam
7.
Cibaduyut
Pukul 16.00 Kami
meninggalkan Museum Geologi dan melanjutkan ke Cibaduyut. Sampai di Cibaduyut
pukul 17.00 WIB. Disana terdapat berbagai oleh-oleh, toko-toko
yang berjejer memajang dagangan yang didominasi oleh tas, kaos, jam tangan,
boneka, sepatu dll.
Pasar raya
Cibaduyut adalah sebuah pusat perbelanjaan yang menjual berbagai jenis buah
tangan khas Jawa Barat. Kalau di jogja kita bisa melihat pasar Malioboro,
seperti itulah bentuk pasar raya cibaduyut. Di sana kita bisa membeli berbagai
oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, dan tetangga.
Di sepanjang Jalan Cibaduyut
Bandung, kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang
didominasi oleh tas, kaos, dan sepatu. Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat
menemukan lebih banyak lagi. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas
gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, dan lain-lain. Harganya pun
bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu
rupiah.
Banyak tempat parkir di sana. Pakai
sepeda, sepeda motor, mobil, sampai bus besar pun tidak akan kesusahan mencari
tempat parkir di Cibaduyut.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesan
Kita sangat senang dapat mengujungi
beberapa tempat wisata yang ada di Kota
Bandung, karena disana saya dapat menemukan dan melihat hal-hal baru
yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Serta dapat menambah wawasan ilmu
pengetahuan yang tidak pernah kita jumpai di sekolah.
Di kota Bandung kita juga dapat
mengunjungi beberapa tempat-tempat wisata secara langsung yang belum pernah
saya kunjungi, yang biasanya kita hanya
dapat melihat televisi saja, namun
sekarang kita dapat mengunjunginya secara langsung di kota Bandung.
B.
Pesan
Kunjungan kita di Kota Bandung sangat
menyenangkan dan mengesankan bagi kita, namun masih ada kekurangan yang menurut
kita harus diperhatikan dan diperbaiki lagi. Seperti dalam hal hidangan
makanan, lauk yang kami makan selalu ayam, sehingga membuat kami bosan. Kami
ingin agar lauknya diganti setiap makan. Selain itu kami juga ingin agar tempat
wisatanya ditambah, kami juga ingin agar stopkontak yang ada di dalam bus
ditambah karena kami selalu berebutan.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapuskelanjutan dari cerita di atas di persembahkan oleh Iklan Vivo V17pro Dan di sponsori oleh Indomie Goreng Aceh / geprek
BalasHapus